KOTBAH


Pdt. Rudy Eko, MENJAGA HUBUNGAN YANG INDAH DENGAN TUHAN


Ibadah 1-3, 24 Agustus’14

     Keluaran 32:9-14, adanya sebuah hubungan yang indah antara Musa dengan Tuhan dimana dalam ayat-ayat ini Musa berdialog dengan Tuhan.  Salah satu sifat Tuhan adalah selalu ingin dekat dengan manusia. Tuhanlah yang punya inisiatif  terlebih dahulu dalam hubungan dengan manusia.Kita harus menjaga hubungan kita dengan Tuhan. Contoh di alkitab tokoh-tokoh yang menjaga hubungannya dengan Tuhan adalah Musa, Yakub, Rja Hizkia. Kita harus mengecek dalam hidup kita apakah saat ini hubungan kita dengan Tuhan masih dekat atau menjauh.
Lanjut...

Pdt. Mulyadi, Sesungguhnya Tuhan Ada

Ibadah 3, 24 Agustus’14

         Ketika saya berumur 39 tahun saya merintis Rumah Damai di Semarang, tempat rehabilitasi narkoba khusus laki-laki. Saya membuatkan banyak usaha untuk mereka: jual bakmi ayam, café, jamur merang, daur ulang botol, dsb karena mereka sulit mendapatkan pekerjaan kalau mereka jujur kepada pemilik perusahaan bahwa mereka bekas pecandu narkoba. Ada anak atheis berumur 15 tahun yang pernah masuk rumah damai kemudian dipulihkan Tuhan dan menulis lagu tentang Rumah Damai. Sekarang dia bertugas di WHO Belanda untuk menangani orang-orang yang terkena HIV Aids. Narkoba bisa membuat orang depresi dan gila, syaraf otak mengecil. Pernah ada seorang anak yang syarafnya rusak berat karena narkoba sehingga orang lain harus memerintahkan kepada dia untuk bergerak, makan, berjalan, dsb. Tapi setelah 6 bulan mujizat terjadi sehingga anak itu sembuh dan bisa lulus sarjana Theologia. Kadang orangtua begitu putus asa kalau anaknya kena narkoba bahkan berharap anaknya itu mati karena mereka sudah terlalu merongrong orangtuanya. Ada 850 ribu orang meninggal/ tahun karena narkoba atau 200 orang/ hari. Ada 5 juta pecandu narkoba yang perlu direhab. Banyak dokter juga apatis dan angkat tangan terhadap pecandu narkoba.
Lanjut...

Pdt. Mulyadi , MY FATHER, MY HERO

Ibadah 2, 17 Agustus ‘14

Ada 3 wabah di dunia saat ini :
1. Kehilangan hati Bapa
2. Banyak pria atau wanita yg tidak dewasa , janganlah menikah dg orang yg tidak dewasa
3. Tidak ada sosok pemimpin
Lanjut...

Pdt. Mulyadi , GARAM DAN TERANG DUNIA

Ibadah 1, 17 Agustus ’14

Matius 5:13-16

Garam adalah sesuatu dari bagian rasa yang penting. Garam maksudnya adalah kita menjadi orang yang berarti yang bisa memberi pengaruh buat orang lain atau lingkungan. Ketika kita berfungsi sebagai garam kita tidak akan kehilangan sesuatu tapi kita pasti akan belajar sesuatu.

Garam selain mengawetkan juga memberi rasa. Kalau kita garam kita harus memberi rasa aman bagi orang lain. Mari dimana kita berada kita menjadi orang yang memberi rasa bagi orang lain.

 

Lanjut...

Pdt. Aruna Wirjolukito, Berhati-hati Menghadapi Peperangan Rohani

Ibadah 3, 3 Agustus’ 14

   Ibrani 11: 39-40: Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita;  tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan . Saat ini tempat orang-orang yang percaya pada Tuhan Yesus ada di Firdaus. Mereka tidak akan di sorga sebelum kita menyelesaikan tugas kita pada zaman ini. Generasi pertama yang membangun ekonomi di Indonesia adalah orang-orang yang tidak sekolah tapi mereka sukses karena ulet. Generasi ke-2 juga ulet tapi menyekolahkan anak mereka ke luar negri. Jadi generasi ke-3 pengusaha di Indonesia rata-rata lulusan luar negri. Tuhan mau pakai 3 generasi. Generasi yang kita hidupi saat ini adalah generasi yang paling mungkin melihat Tuhan Yesus datang kembali.

Lanjut...

Pdt. Budianto Gunarso, HIDUP YANG BERKUALITAS DIHADAPAN TUHAN

Ibadah 1-2, 3 Agustus’14

 
     Markus 5 : 21-43
Tuhan tidak pernah berjanji kalau hidup kita tidak akan mengalami tekanan atau pergumulan. Hidup ini penuh dengan tantangan. Ibrani 13:5 dalam ayat ini ada janji Tuhan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Mungkin kita masih ke gereja , masih ikut kegiatan-kegiatan gereja tapi kita harus mengecek apakah sebenarnya hidup kekristenan kita masih berkualitas atau hanya rutinitas saja, apakah kasih mula-mula itu masih ada dalam hidup kita (Wahyu 2:2-5).

Lanjut...

Pdt. Gustav Galenius, MENJADI SEPERTI YESUS

Ibadah 2 & 3, 28 Juli 2014

 

     Markus 9:14-29 dalam perikop ini menceritakan bagaimana Yesus menyembuhkan seorang anak yang sakit ayan. Tema khotbah ini adalah untuk orang-orang yang mau bergerak dalam kesembuhan dan untuk orang-orang sakit yang memerlukan kesembuhan. Dalam perikop Markus 9:14-29 , ini memberitahukan bahwa seringkali kalau roh jahat mau keluar akan ada manifestasi. Dalam perikop ini juga menyatakan kalau kesakitan atau penderitaan yang begitu lama maka imannya akan turun. Tuhan Yesus dalam menyembuhkan tidak memperdulikan nama iblis yg menyebabkan sakit , tapi Yesus memerintahkan roh yg berkaitan dengan sakit tersebut dengan otoritas. Seringkali kalau kita mendoakan orang sakit bukannya sembuh tapi makin parah, kalau mengalami hal ini kita harus tetap percaya, waktu kita tetap percaya maka orang yang kita doakan akan sembuh.                                                                                            

 

Lanjut...

Pdt. Nathan Subroto, Jangan Iri Hati

Ibadah 3, 20 Juli’14

   1 Tesalonika 5: 18: Mengucap syukurlah dalam segala hal sebab itulah yang dikehendaki Kristus Yesus bagi kamu. Ada beberapa hal yang menyebabkan kita tidak bisa mengucap syukur: pertama :kalau ada masalah. Kedua: karena iri hati. Iri kepada tetangga, dsb. Keluaran 20: 17: Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu." Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu." Firman ini berbicara jangan iri hati. Berarti ini adalah dosa yang serius.

Lanjut...

Pdt. Nathan Subroto, Emptiness/ Hampa

Ibadah 1-2, 20 Juli 2014

   Manusia pada dasarnya ada kekosongan-kekosongan dalam hidupnya dan ini pernah dialami semua orang. Allah menciptakan manusia di tengah keluarga supaya keluarga dapat memenuhi kekosongan manusia. Emptiness dalam bahasa Inggris artinya isinya kosong. Kekosongan/ kehampaan adalah keadaan manusia yang paling buruk. Dan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan orang bunuh diri bahkan membunuh orang lain. Ada 3 hal yang dilakukan manusia untuk mengatasi kekosongan hidupnya yaitu :

Lanjut...

Pdt. Christianto Silitonga, Berjaga-jagalah

Ibadah 3, 6 Juli ‘14

   Kedatangan Tuhan Yesus yang ke-2 kali sudah semakin dekat. Kita harus berjaga-jaga sehingga kapan pun Tuhan Yesus datang, kita sudah siap. Berbahagialah hamba yang didapati tuannya sedang melakukan tugasnya itu. Tetaplah fokus kepada Tuhan. Berjaga-jaga terhadap apa saja ?
Lanjut...

Ibu Jacqueline Celosse, Rendahkan Hatimu di Hadapan Tuhan

Ibadah 1-2, 6 Juli’14

   Matius 15: 21-28. Wanita Sirofenisia/ Kanaan ini secara budaya adalah orang yang tidak pantas mendapatkan janji-janji Allah bagi anak-anak Allah ( orang Israel ). Tapi wanita ini tetap percaya suatu waktu pertolongan Tuhan pasti datang. Tuhan Yesus menyebut wanita ini kunarion artinya anjing kesayangan yang didandani, diberi makan dan disayangi. Tuhan Yesus tidak bermaksud menghina wanita ini melainkan mengangkat kenyataan yang sedang dialami wanita itu. Tuhan berkata kepada wanita itu untuk jangan menyerah. Setelah anak-anak Allah makan, wanita itu juga akan mendapatkan makanan.

Lanjut...

Pdp. Joshua Sudharsono, Kasihi Tuhan dan Jiwa-jiwa

Ibadah 1-3, 29 Juni 2014

   Yohanes 4. Percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria. Yesus berkata Dia harus melintasi Samaria karena itu sesuai dengan kehendak Bapa. Ada hal-hal dalam hidup kita yang memang harus kita lakukan karena itu merupakan panggilan Tuhan bagi kita. Mari kita meresponinya dengan menaatinya sungguh-sungguh maka kita akan melihat pekerjaan Tuhan dalam hidup kita. Jika kita mengasihi keluarga kita atau apa pun melebihi Tuhan maka kita tidak layak bagi Dia. Kalau kita mencintai dunia ini, kita akan binasa bersama dunia ini. Tuhan Yesus mengerti penderitaan kita karena Dia sendiri mengalami penderitaan ketika hidup di dunia. Tuhan yang kita sembah sangat mengenal setiap kita dan kerinduan hati kita. Kalau kita hanya mengejar kepentingan dunia, kita tidak akan puas. Tuhan memberi kesan dalam hati saya bahwa jiwa-jiwa jauh lebih berharga dari apa pun di dunia ini. Saya minta Tuhan beri petunjuk bagaimana caranya. Sekarang saya tahu dan menjadi full timer untuk melayani Tuhan, mendamaikan orang dengan Tuhan dan sesama. Saya percaya Tuhanlah yang terutama dalam hidup saya dan Dialah air hidup yang bisa memuaskan jiwa saya.

Lanjut...

Pdt. Lukito Budiharjo, Sangkal Diri dan Pikul Salib

Ibadah 1-3, 22 Juni’14

   Kita tidak akan bisa menjadi orang Kristen kalau kita tidak mau mengikut Tuhan. Matius 19:16 – 26. Ada seorang muda yang kaya datang kepada Tuhan Yesus dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup  yang kekal ?” Ternyata dia sudah melakukan semua yang tertulis dalam hukum taurat.  Tapi ketika Tuhan Yesus menyuruhnya menjual seluruh hartanya, memberikannya kepada orang-orang miskin dan mengikut Tuhan, dia menolaknya. Saya percaya kalau dia lakukan sebetulnya dia tidak akan menjadi miskin, melainkan semakin kaya. Tuhan tahu dia mengikut Tuhan hanya kulitnya saja. Matius 16: 24: Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” Menyangkal diri berarti menyangkal semua keinginan diri kita. Kalau pikul salib kita berani memegang kebenaran sekalipun ada konsekuensinya.

Lanjut...

Ps. Djoni Gautama, Kita Lebih dari Pemenang

Ibadah 3, 1 Juni 2014

   1 Korintus 1: 26-28: Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang. Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah  untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti,  dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti. Kita dipilih Allah dari berbagai suku, bahasa, bangsa, masuk dalam Kerajaan Allah dan karya Allah dimulai dalam diri kita untuk membawa perubahan bagi dunia ini. Kita diubahkan Tuhan untuk menjadi terang dan garam dunia, untuk menggenapi rencana Allah dalam hidup kita. Dulu saya tidak pandai berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain apalagi di depan orang banyak.

Lanjut...

Pdt. Brigitta Grace Punia, Aktifkan DNA Tuhan dalam Hidup Saudara

Ibadah 2, 1 Juni 2014

   Bulan ke-5 adalah bulan kasih karunia. Saya bekerja di bagian research prophetic di bawah pimpinan Bapak Gembala Niko Nyotorahardjo. Roh Kudus meminta saya mempelajari tentang DNA. Ini bukan bidang saya tapi saya taat kepada Tuhan. Teori Darwin adalah teori yang salah karena dia mengambil kesimpulan hanya berdasarkan 0,1 – 1 % DNA manusia. Sedangkan 99% DNA yang tidak bisa diuraikan dikatakannya sebagai DNA sampah. Akhirnya 99,9% sisanya diketahui belakangan berasal dari pencipta, DNA nya Tuhan yang harus diaktivasi. Bagi dunia DNA ini hampa. DNA ini sifatnya gaib dan harus dikembalikan kepada sang Pencipta. Waktu saudara berhubungan akrab dengan Tuhan, Tuhan beritahukan kepada saudara kekayaan Tuhan yang Tuhan berikan bagi saudara. 5 jawatan adalah hadiah dari Roh Kudus buat kita. Kita harus menghargai hadiah Tuhan ini. Bacalah surat cinta Tuhan yaitu firmanNya. Pertama kali saya berkhotbah di depan 2.000 orang di Lampung atas permintaan gembalanya. Inilah bagian dari 99,9% DNA Tuhan di dalam diri saya. Kemudian saya diminta untuk menjadi pembicara di depan lebih dari 2.000 pendeta di Sumatra. Saya mewakili Pak Niko untuk meeting dengan rasul-rasul di Yerusalem. Saya diberikan jawatan baru di depan lebih dari 200 bangsa-bangsa. Ini bukan karena kehebatan saya melainkan karena saya belajar dari guru agung saya, sahabat saya yaitu Roh Kudus.

Lanjut...

Pdt. Brigitta Grace Punia, Persiapkan Dirimu Menjadi Mempelai Kristus

Ibadah 1, 1 Juni 2014

   Tuhan Yesus datang kembali dan kita disiapkan menjadi mempelaiNya yang cantik. Kita adalah mempelai wanita Tuhan dan Tuhan Yesus adalah mempelai pria. Tuhan katakan Aku yang lebih dulu memilih kamu. Dia jatuh cinta menggebu-gebu kepada kita. Yesus telah membeli kita dengan harga yang paling mahal yaitu dengan memberikan anakNya sendiri sebagai mahar perkawinan kita dengan Yesus. Tuhan Yesus datang pertama kali adalah pertunangan, yang ke-2 kali adalah pernikahan. Semua biaya dan tempat perkawinan disediakan oleh mempelai pria, kita tinggal mempersiapkan diri supaya layak menjadi mempelai wanita. Efesus 4:7-16: Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan  kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan;  Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia. "Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah? Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu. Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil  maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan  tubuh Kristus,  sampai kita semua telah mencapai kesatuan  iman  dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah,  kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan  mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Lanjut...

Pdt. Danny Tumiwa, Kunci Keberhasilan di Tahun 2014

Ibadah 1 & 2, 25 Mei’14

 

    Puji Tuhan, terima kasih undangan pelayanannya hari ini. Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kita masih diijinkan melalui tahun 2013 dan memasuki tahun 2014. Wahyu 3: 7-8 : "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia : Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu  bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. Pak Niko memberitakan bahwa tahun 2014 adalah tahun dibukanya pintu-pintu mujizat. Saya sering bertanya kepada Tuhan pintu apa yang terutama dibuka oleh Tuhan ? Jawab Tuhan pintu sorga. Saya percaya tahun 2014 lebih baik dari tahun 2013. Kuncinya adalah menuruti firman Tuhan dan tidak pernah menyangkal Yesus . Kita hidup di akhir zaman, kedatangan Tuhan Yesus semakin mendekat. Kita harus hati-hati/ waspada.

 

Lanjut...

Ps. Benny Yusuf Setiawan, Berjaga-jaga Menjelang Kedatangan Kristus

Ibadah 3, 18 Mei 2014

   Shalom saudara. Kita hidup di jaman akhir menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang ke-2 kali. Tuhan tidak pernah menentang orang menjadi kaya. Banyak orang kaya di alkitab seperti Abraham, Ayub, Filemon, dsb. Banyak orang sibuk bekerja, mengumpulkan uang, memperkaya diri sendiri dengan menghalalkan segala cara tanpa peduli pada kehidupan rohani mereka. Firman Tuhan katakan jangan kamu makan kalau kamu tidak bekerja. Memang kita harus bekerja tapi kita juga harus memberi makan rohani kita dan bekerja secara halal. Kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan orang miskin semakin besar. Saat kita hidup sekarang akan semakin sukar. Oleh karena itu kita harus semakin intim dengan Tuhan. Manusia semakin hari semakin egois dan cinta uang dan tidak mau menjadi berkat untuk orang lain. Matius 6: 33: Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sukacita dari Tuhan adalah sumber kekuatan kita. Kita harus bekerja sebaik-baiknya bagi perusahaan kita dan mengembangkan talenta kita. Fokuslah hanya kepada Yesus dan menjadi berkat bagi orang lain.

Lanjut...

Ibu Dora Kansil, Carilah Tuhan dan Andalkan Dia

Ibadah 2, 18 Mei 2014

   Saudara anda adalah orang-orang yang dipilih Tuhan, bukan orang biasa dan bisa mendengar suara Tuhan, dikasihi oleh Tuhan. Di dalam penglihatan, saya melihat sungai yang indah dan saya melompat ke dalam sungai itu. Saya terbawa arus ke suatu tempat. Di sana ada banyak orang. Lalu saya melompat lagi ke sungai yang lain. Padahal di dunia nyata saya sebenarnya tidak bisa berenang. Lalu masuk semakin dalam. Kemudian saya berjalan naik ke tangga. Ini melambangkan kehidupan rohani kita. Di dalam sungai pengurapan kita tidak akan takut. Tuhan mati untuk kita. Kalau kau sungguh-sungguh mencari Tuhan bukan karena paksaan orang lain, bukan karena kebiasaan maka Tuhan yang punya langit dan bumi pun akan bergetar kalau kau berlutut, kalau kau sedang mengalami peperangan. Akan datang masa di mana kasih seseorang terhadap pasangannya akan hilang. Kasih anak kepada orangtuanya luntur. Kalau engkau kesepian dan membutuhkan sesuatu Tuhan Yesus juga gelisah. Kadang engkau berpikir pulang ke sorga jauh lebih indah karena engkau menanggung semuanya sendirian, tidak ada yang menolong engkau. Jangan andalkan orang lain, datang pada Tuhan sendiri, ceritakan pada Tuhan. Dia ingin mendengarmu dan Dia mengasihimu melebihi siapa pun di dunia ini.

Lanjut...

Ibu Dora Kansil, Carilah Urapan Tuhan

Ibadah 1, 18 Mei 2014

   Kita harus bergembira dan bersemangat justru ketika kita sedang memiliki masalah. Kalau kita berada di hadirat Tuhan kita mampu bergembira karena kita melihat bukan dengan mata jasmani. Kita bisa tersenyum karena kita lebih hebat dari masalah kita. Kalau kita fokus kepada Tuhan, Dia lebih besar daripada masalah kita. Zakharia 4: 6: Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan  dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,  melainkan dengan roh-Ku ,  firman TUHAN semesta alam. Roh Tuhan ada padamu, ada di dalammu maka itu adalah pengurapan. Kemampuanmu, cara berpikirmu, pengetahuanmu bahkan apa yang kau perlukan tidak mampu kau ciptakan. Banyak orang mau bunuh diri karena tidak memiliki ketenangan dan kedamaian dalam dirinya. Urapan ini yang memungkinkan engkau berpikir dengan cara Tuhan berpikir. Tuhanlah yang mendatangkan pelangganmu, engkau sendiri tidak bisa.     Roma 8: 31: Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu?  Jika Allah di pihak kita,  siapakah yang akan melawan kita? Jangan gunakan kekuatanmu sendiri. Andalkan Tuhan. Pengurapan memampukan kita di saat kita tidak mampu, bisa tersenyum di saat gagal. Jangan jadi pemimpin yang pemarah, mudah tersinggung. Ini menunjukkan kau mengandalkan dirimu sendiri. Tambah kaya, tambah pintar, tambah sombong. Tuhan Yesus sendiri memilih murid-murid yang tidak sempurna seperti Petrus yang menyangkal Dia, Thomas yang meragukan kebangkitanNya. Tuhan Yesus panggil kita semua yang tidak sempurna untuk disempurnakanNya. Banyak orang fokus pada kepintarannya, kekayaannya dan bukan urapan Tuhan. Manusia tidak kuat, hanya Tuhan yang memampukannya sehingga kita mampu menjalani hidup ini dengan keperkasaan Tuhan dan bukan dengan kekuatan kita. Urapan Roh Kudus atas rasul Petrus membuat dia dapat memenangkan 3.000 jiwa.

Lanjut...