KOTBAH


Pdt. Irwan Wijaya, Beritakan Injil ke Seluruh Dunia

Ibadah 1-3, 6 April 2014

   Shalom. Latar belakang saya adalah peneliti kehutanan. Saya melayani jemaat di Pulau Bintan. Saya mengawasi hampir 100 gereja di berbagai provinsi dan negara. Saya juga ketua Jaringan Penanaman Gereja di Asia. Kami mempunyai sekolah Theologia. Kami ingin menghasilkan Sarjana di berbagai bidang tapi basicnya theologia. Kita terlalu banyak menjiplak kurikulum pendidikan orang bule padahal kita orang Asia sehingga gagal. Saya tinggal di Pulau Batam tapi menggembalakan di Pulau Bintan. Yohanes 10: 9-10: Akulah pintu ; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. 

Lanjut...

Pdt. Leon Zinga, Menjadi Murid Kristus

Ibadah 3, 31 Maret 2014

 

    Sore ini saya mau mengajak saudara untuk menerima kebenaran Allah. Salah satu anugrah terbesar dalam hidup kita adalah kita menjadi anak Allah. Yang ke-2 menjadi murid Allah. Karena itu Tuhan berkata dalam amanat agung : Jadikanlah segala bangsa muridKu. Bukan murid gereja. Waktu Tuhan memuridkan murid-muridNya terjadilah peristiwa ini: Tuhan Yesus berkata kepada murid-muridNya bahwa Ia akan diserahkan kepada anak manusia. Markus 9:32: Mereka tidak mengerti perkataan itu,  namun segan menanyakannya kepada-Nya. Arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka. Selama 3,5 tahun murid-murid itu diajar Tuhan Yesus tapi belum mengerti isi kitab suci padahal Tuhan Yesus mengajar mereka secara langsung. Mengapa ? Mungkin kita juga seperti itu. Sudah 20 tahun jadi orang Kristen tapi belum mengerti kitab suci sehingga jenuh membacanya, kering. Saya pernah mengalaminya. Meskipun saya sudah dibaptis dan menerima baptisan Roh Kudus. Pasti ada kesalahan saya. Saya terus bergumul dengan Tuhan. Sampai saya mendapat pengertian dari Tuhan dan menikmatinya.

Lanjut...

Pdt. Edward Limbong, Mendapat Kemurahan Tuhan

Ibadah 2, 31 Maret 2014

   Shalom saudara. Saya bekerja sebagai pilot. Saya percaya saudara datang ke tempat ini dengan berbagai kerinduan, percayalah Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi kita. Tapi pertama Tuhan minta adalah hati kita. Saya bisa berdiri di sini karena Tuhan yang menyelamatkan saya sebelum saya binasa. Sekarang saya menjadi hamba Tuhan, dulu hamba setan. Roma 9: 15-16: Sebab Ia berfirman kepada Musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati." Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah. Masih banyak janji-janji Tuhan yang belum digenapi dalam hidup kita. Setiap kita disayang Tuhan tapi panggilan Tuhan berbeda-beda bagi setiap orang.

Lanjut...

Pdt. Edward Limbong, Doa

Ibadah 1, 31 Maret 2014

   Shalom saudara. Hari ini saya akan mensharingkan kehidupan saya. Sungguh takjub sekarang saya bisa menjadi hambaNya karena dulu saya adalah hamba setan. Saya sebetulnya sudah tidak mau lagi menjadi pilot, saya ingin melayani Tuhan sepenuh waktu, tapi Tuhan bilang belum waktunya. Dulu di perusahaan lama saya sering bawa pesawat dalam keadaan mabok narkoba. Tapi Tuhan selalu menolong saya, itu sebabnya saya kagum sekali kepada Yesus. Kita semua sama-sama disayang Tuhan tapi apakah yang kita lakukan untuk membalas kasihNya ? Doa adalah nafas orang Kristen. Tuhan mengajarkan kita caranya agar doa kita dikabulkan yaitu dalam Mazmur 66: 18: Seandainya ada niat jahat  dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. Kalau saudara memang sungguh-sungguh berdoa pasti semua doa saudara dijawab Tuhan. Tapi ada syaratnya. Saya pernah mencoba berbagai agama Kristen tapi sekarang saya mengerti bahwa Tuhan melihat hati kita. Jangan ada niat jahat dalam hati kita.

Lanjut...

Pdm. Budhianto Gunarso, Doa yang Strategis

Ibadah 1 – 3, 23 Maret 2014

   Shalom. Senang sekali bisa berjumpa kembali dengan saudara-saudara semua. Mari kita pergunakan waktu yang singkat untuk kemuliaan Yesus Kristus. Bulan ini tema gereja kita adalah doa. Kita wajib hidup dalam kehidupan doa kita karena doa adalah nafas kehidupan orang Kristen. Seberapa besar kita merindukan doa yang strategis, hadirat Tuhan dalam hidup kita ? Untuk itu kita harus tanggalkan pikiran, tradisi kita. Doa adalah menggerakkan tangan Tuhan untuk melakukan kehendakNya di muka bumi ini. Kita harus tanggalkan negosiasi kita dengan Tuhan. Doa yang sejati adalah doa yang melampaui keterbatasan manusia, pikiran lahiriah kita karena asalnya dari Roh Kudus. Lukas 11: 1: Pada suatu kali Yesus sedang berdoa  di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." Salah satu hal yang paling spektakuler dari Tuhan Yesus di muka bumi ini adalah kehidupan doaNya. Dengan doa itu kita bisa melihat Tuhan Yesus membuat orang buta melihat, orang sakit disembuhkan, orang terikat dilepaskan, dan mujizat-mujizat lainnya. Tuhan Yesus selalu mengawali pelayananNya dengan doa.

Lanjut...

Ps. Isang Tjiputra, Jangan Alami Penundaan

Ibadah 3, 16 Maret 2014

   Shalom. Kita percaya ketika kita menabur, kita akan menuai 100 kali lipat. Pintu mujizat sudah dibuka. Mungkin begitu banyak keinginan/ kerinduan kita yang sampai hari ini  belum kesampaian tapi kita ragu apakah itu bagian kita atau bukan. Ulangan 5: 16 : Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. Kejadian 11: 31: Lalu Terah membawa Abram, anaknya , serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan,  lalu sampailah mereka ke Haran,  dan menetap di sana. Kanaan adalah satu tempat yang sempurna yang penuh susu dan madu. Tapi seringkali dalam hidup kita tidak merasakan masa bulan madu itu.

Lanjut...

Pdp. Lion Zinga, Kita Harus Dilahirkan Kembali

Ibadah 1 & 2, 16 Maret 2014

   Yohanes 1: 12-13:  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah , yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Yohanes 7: 38-39: Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci : Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup. " Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh  yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.  Bagi kita yang percaya Yesus, kita telah diberi kuasa oleh Tuhan. Yohanes 5: 17: Tetapi Ia berkata kepada mereka: "BapaKu  bekerja  sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Yohanes 3: 1: Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi yang datang kepada Yesus dan bertanya apa yang harus dilakukannya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Tuhan Yesus katakan orang yang percaya kepada Yesus dan ingin masuk ke dalam sorga harus lahir kembali. Yesus menegaskan hal ini kembali ke-2 kalinya. Apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh. Apa yang dilahirkan dari daging adalah daging.

Lanjut...

Pdp. Andi Auric, Jadikan Doa sebagai Gaya Hidup

Ibadah 3, 9 Maret 2014

   Shalom saudara. Bulan ini adalah bulan doa. Banyak doa-doa yang dinaikkan oleh tokoh-tokoh alkitab. Ada berbagai jenis doa : doa dalam ketakutan, doa syafaat, dsb. Doa adalah komunikasi 2 arah antara Allah dan manusia. Kita adalah mempelai Kristus. Lukas 6: 12: Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Setelah itu Dia memilih 12 rasul. Tuhan Yesus berdoa ketika melakukan sesuatu yang penting. Demikian pula kita harus berdoa mengikuti teladanNya, mencari kehendak Bapa bagi kita. Kalau tidak kita akan menjadi kecewa kepada Tuhan karena adanya miss komunikasi. Ketika Tuhan Yesus berdoa Dia mendapat pengurapan dari Tuhan. Terkadang kita begitu lelah menghadapi masalah sehingga kita tidak bisa berdoa. Tapi luar biasanya Tuhan memberikan kita Roh KudusNya untuk membantu kita berdoa. Orang yang berdoa akan dituntun Tuhan untuk menjalani hidupnya. 

Lanjut...

Pdt. Adiputra, Hidup Kudus di Hadapan Tuhan

Ibadah 2, 2 Maret 2014

   Senang sekali saya bisa bersama bapak, ibu, saudara hari ini. Pak Niko menyebutkan tentang Pentakosta ke-3. 5 hal yang berkaitan dengan Pentakosta ke-3 adalah kedatangan Tuhan Yesus yang semakin mendekat. Banyak orang yang tidak takut mendengar kedatangan Tuhan Yesus yang tidak lama lagi. Tuhan Yesus tidak memberitahukan kepada kita bulan dan tahun persisnya kedatanganNya, tapi tanda-tandanya Ia beritahu. 70 – 80% tanda-tanda itu sudah digenapi. Di Ukaraina ada 1 gereja yang dipakai Tuhan luar biasa dan hambaNya Sunday Elijah. Kita harus berdoa untuk kebangkitan rohani di sana dan di Indonesia. Lukas 21: 10: Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. Tahun 2014 dan tahun 2015 akan terjadi gerhana bulan total. Menurut penyelidikan gerhana-gerhana itu bersamaan dengan terjadinya perayaan umat Yahudi. Yang pertama adalah di bulan April ( Paskah ) dan Oktober ( hari raya Pondok Daun ). Bersamaan dengan itu kita juga akan mengadakan PEMILU Legislatif di bulan April dan PEMILU Presiden di bulan Oktober. Kita harus berdoa buat bangsa ini supaya bangsa ini dikasihi oleh Tuhan.

Lanjut...

Pdt. Adiputra, Miliki Karakter Seperti Jemaat Filadelfia

Ibadah 1, 2 Maret 2014

   Semua yang terjadi sekarang sudah dinubuatkan di Alkitab. Indonesia dikelilingi oleh 127 gunung berapi dan 19 gunung dalam keadaan waspada. Tahun 2011-2014 goncangan gempa bumi semakin meningkat. Jangan takut. Kita juga akan menghadapi PEMILU Legislatif dan PEMILU Presiden. Menurut BMKG Indonesia akan mengalami kemarau panjang dimulai bulan April sampai Desember. Kita akan belajar dari jemaat Filadelfia alasan mereka sangat disayang oleh Tuhan dan mendapatkan 2 upah dari Tuhan. Hal ini karena mereka memiliki karakter yang disukai Tuhan. Kita juga harus memiliki karakter seperti ini.

Lanjut...

Pdt. Alex Leo, Tahun DibukaNya Pintu-Pintu Mujizat

Ibadah 3, 23 Februari 2014

    Shalom, Ayhin artinya mata Tuhan tertuju pada kita. Dalet berarti pintu, orang miskin, telinga, saksi. Wahyu 3: 7-8: "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia : Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud;  apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu  bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Lanjut...

Pdt. Yusak Zefanya, Kebahagiaan karena Mengucap Syukur

Ibadah 1-2, 23 Februari 2014

   Mari kita baca 1 Tawarikh 28: 9: Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas  dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya. Ini adalah nasehat Daud kepada anaknya Salomo. Daud melewati pergumulan, tantangan bersama Tuhan sehingga Dia mengerti dan mengenal kedahsyatan dan kebesaran Tuhan . Karena itu dia mau memperkenalkan Tuhan kepada anaknya Salomo. Daud mengenal Tuhan bukan dari apa kata orang, tapi dari pengalamannya bersama Tuhan. Kita bisa mengenal karakter teman-teman kita, tapi sejauh mana kita mengenal Tuhan ? Daud berkata Tuhan adalah Gembalaku.

Lanjut...

Pdp. Gustav Galenius, Penginjilan dengan Kuasa

Ibadah 1-3, 16 Februari 2014

   Shalom semuanya. Hari ini saya akan membawakan khotbah tentang penginjilan dengan kuasa. Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan tapi dari kuasa. Hari ini banyak gereja kehilangan kuasa karena tidak ada yang mengundang kuasa Allah dinyatakan di gereja. Apa yang kita pikirkan itu yang terjadi. Kharisma adalah sesuatu yang diberikan Allah. Simson punya kharisma, diberikan kekuatan yang luar biasa tapi di jatuh ke dalam dosa karena Delila. Tapi Tuhan baik sehingga dia diberi kekuatan sekali lagi. Alkitab mencatat yang dibunuh Simson ketika mati lebih banyak daripada ketika hidup. Tapi karakternya dianggap orang kurang baik. Lain dengan Yusuf yang punya karakter luar biasa. Tidak cukup hanya jadi orang Kristen baik-baik, tapi juga perlu dipenuhi kuasa. Kita harus mengajak orang lain menerima Tuhan Yesus. Iblis akan mencegah kita bertumbuh dan memberitakan injil kepada orang lain. Pada waktu Tuhan menebus kita Dia memberi kita kuasa untuk menjadi saksiNya. Saya pernah mendoakan orang yang stress karena pekerjaannya di tempat yang baru sehingga sakit terus-menerus. Dia dilawat Tuhan dan sekarang bisa tidur bahkan tetap bekerja di tempat yang sama. Sekarang dia pergi ke gereja bersama pacarnya. Saya juga pernah mendoakan orang yang tidak bisa tidur, sekarang bisa tidur.

Lanjut...

Pdt. Abraham Lalamentik, Arti Tahun Imlek

Ibadah 3, 2 Februari 2014

     Shalom saudara, selamat hari raya Imlek/ spring festival. Yesaya 49: 12: Lihat, ada orang yang datang dari jauh, ada dari utara dan dari barat,  dan ada dari tanah Sinim." Orang Ibrani bilang Sinim, 1 negri di Timur yang tidak lain adalah China. Chin adalah kaisar pertama yang mempersatukan China dengan menaklukkan 6 negara sebelumnya. Abraham punya 2 anak: Ismael dan Ishak.  Meskipun bukan anak perjanjian Ismael juga dijadikan bangsa yang besar. Di antara keturunannya adalah orang China. China sendiri ditambah penduduk China di negara lain jumlahnya berkisar 2 milyar. Pasti Tuhan punya hati dan belas kasihan atas orang China di seluruh dunia. Kebiasaan orang China sebetulnya banyak berasal dari firman Tuhan.

 

Lanjut...

Pdt. Sonny Waplau, Strategi Kehidupan yang Berhasil

Ibadah 1 & 2, 2 Februari 2014

   Shalom saudara. Yohanes 10: 10: Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Hidup berkelimpahan artinya tidak kaya raya tapi lebih dari cukup. Semua orang lahir telanjang, bedanya hanya laki-laki dan perempuan. Tapi akhir hidup setiap orang berbeda tergantung dari bagaimana kita mengisi kehidupan kita. Hidup kita bukan takdir yang tidak dapat diubah. Alkitab berkata hidup ini adalah suatu permainan, bukan nasib. Kita tidak bisa mengatur arah angin tapi kita bisa mengatur arah layar kapal. Apa yang terjadi pada diri kita sekarang adalah hasil dari keputusan kita di masa lalu dan apa yang terjadi pada kita di masa depan tergantung dari apa yang kita putuskan di masa kini.

 

Lanjut...

Pdm. Ricky Djaja, Tinggikan Yesus Dalam Hidup Kita

Ibadah 2,3,  26 Januari 2014

   Shalom saudara. Sudah 1 minggu ini saya susah tidur. Saya sudah curhat pada istri saya dan hari ini saya berdoa kepada Tuhan ada 1 orang saja menangkap pesan saya hari ini dan melakukannya. Tuhan bertanya kepada saya di area mana saya ingin melihat penuaian yang besar. Tuhan katakan pada saya lihat hidupmu, Tuhan tanya saya dalam 1 minggu ini berapa orang yang saya injili dalam waktu 1 minggu ini, saya katakan tidak ada. Dalam waktu 2 minggu juga tidak ada. Jika kita merindukan penuaian, apa yang kita lakukan buat Yesus ? Pak Aruna katakan secara penelitian para ahli alkitab telah menemukan 1 tahun yang sama tentang kedatangan Tuhan Yesus. Masanya kita tidak tahu, tapi sudah sangat dekat. Seharusnya prioritas hidup kita berubah, bukan lagi pada kepentingan diri sendiri. Tujuan Tuhan Yesus datang ke bumi hanya untuk mengutus murid-muridNya ke seluruh dunia untuk memberitakan injil. Setiap kita adalah misionarisnya Tuhan.

Lanjut...

Pdt. Samuel Gunawan, Kita Adalah Umat Pilihan Tuhan

Ibadah 1, 26 Januari 2014

   Shalom saudara, tahun ini adalah tahun dibukanya pintu-pintu mujizat. Ini berarti sering kali kita berada dalam kondisi yang menakutkan dan kita perlukan pertolongan Tuhan dalam hidup kita. Penyembuhan pada hari Sabat di kolam Betesda. Yohanes 15: 1-18: Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya  dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu. Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun  lamanya sakit. Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: "Maukah engkau sembuh?" Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku." Kata Yesus kepadanya: "Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah. " 

Lanjut...

Pdm. Suhana Setyawan, Milikilah Hati yang Baru

Ibadah 2, 19 Januari 2014

   Kita berikan Tuhan sekarang hati yang baru. Hati yang kosong diganti dengan hati yang penuh hadirat Tuhan. Tahun 2014 adalah tahun dibukanya pintu-pintu mujizat bagi kita. Banyak orang yang tidak bisa melewati tahun 2013. Kalau kita bisa memasuki tahun 2014 kita bersyukur. 2 minggu lalu pendoa saya yang berumur 72 tahun meninggal ketika sedang membesuk orang sakit. Sekarang jangan lagi simpan kebencian, kekesalan dalam hati kita karena hati kita akan jadi keras dan terkena penyakit hati. Di sorga kita memuji dan menyembah Tuhan setiap waktu. Maka belajarlah menyembah Tuhan dari sekarang. Biarkan Tuhan memenuhi hati kita dengan kehendakNya. Bagaimana caranya ?

Lanjut...

Pdm. Suhana Setyawan, Tahun Dibukanya Pintu-pintu Mujizat

Ibadah 1, 3, 19 Januari 2014

   Saya percaya dan berdoa Tuhan selalu buat yang terbaik. Mungkin di tahun 2013 ada hal-hal yang belum Tuhan buat dalam hidup kita. Saya dan para pengerja saya berdoa di Menara Doa Sentul pada tanggal 31 Desember 2013 untuk mencari tuntunan Tuhan pada tahun 2014. Dalam setiap pekerjaan, pelayanan, keluarga kita, dsb kita harus selalu mencari tuntunan Tuhan. Jika bukan Tuhan yang menuntun kita jangan melangkah. Milikilah hati yang suci di hadapan Tuhan. Bilangan 20: 1-12 menceritakan tentang perjalanan Israel menuju tanah perjanjian yang penuh susu dan madu. Tapi di tengah perjalanan mereka mengalami kekurangan air. Demikian juga dalam hidup kita, kita sering mengalami hal-hal yang tidak enak. Masalah, sakit-penyakit boleh ada dalam hidup kita tapi jika Tuhan Yesus ada di dalam kita, kita pasti bisa mengatasi semuanya. Semua yang Tuhan ijinkan adalah proses dalam kehidupan kita. Kita percaya Bapa kita adalah Bapa yang luar biasa.

Lanjut...

Pdt. Tri Agus Pakpahan, Cara Mengalami Kelegaan

Ibadah 2-3, 5 Januari 2014

   Mari kita buka Matius 11: 28 – 30: Marilah kepada-Ku , semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku,  karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." Hari ini Tuhan berkata marilah kepadaku yang letih, lesu dan berbeban berat maka Aku akan memberi kelegaan. Kita percaya tahun ini pintu-pintu mujizat dibukakan bagi kita atas usaha, rumahtangga, study kita. Kuk itu biasanya ditarik oleh sapi/ kuda. Kuk itu berat tapi Tuhan bilang supaya lega kita harus pikul kuk. Bersama Tuhan kuk itu ringan dan kita akan beroleh kemenangan .

Lanjut...