KOTBAH


Pdp Joel Harahap: Jangan Mudah Kecewa

Ibadah siang, 25 Juli 2010
Pdp. Joel Harahap
Bacaan Firman Tuhan :
Matius 24:10-14; Amsal 16:23; Amsal 16:24; Amsal 22:9; Yesaya 48:17

Ke-12 murid Tuhan Yesus rindu agar Tuhan Yesus menjadi raja atas setiap orang Israel karena mereka ingin mempunyai raja sendiri seperti negara2 lain. Tapi Tuhan Yesus memberitahukan bahwa ini belum saatnya menjadi raja karena Tuhan Yesus tahu bahwa dia harus mati dan di bangkitkan pada hari ke-3. Akhir-akhir ini banyak orang yang mengalami depresi sehingga menjadi stress bahkan banyak yang bunuh diri, karena mereka belum menemukan keselamatan yang dari pada Tuhan.  Saat orang begitu mudah tersinggung, kecewa maka mereka akan melakukan banyak perbuatan yang nekad. Siapakah orang yang paling sering membuat kita kecewa dan sakit hati? pasangan kita, teman kita, saudara kita, bahkan mertua kita.
Urapan Tuhan akan selalu tercurah bagi kita di setiap pagi, walaupun kita belum cuci muka atau mandi. Itu semua adalah kehendak Bapa di Surga yang ingin terus memberkati kita. Tuhan sangat rindu kepada kita bahkan Tuhan mau agar kita terus hidup dalam keintiman bersama Tuhan. Oleh sebab itu, janganlah depresi tapi intimlah terus dengan Tuhan. Tuhan ingin agar kita semua jangan hidup dalam kekecewaan, tapi hidup dalam keintiman dengan Tuhan.

Ketika kita tidak mudah kecewa, maka Tuhan Yesus sudah menyiapkan 3 berkat untuk kita yaitu :


1. Kecerdasan dan Kreativitas
Kapan kita mulai mempunyai akal budi? ketika kita mempunyai hati yang bijak yang akan mengajarkan kita agar kita mau untuk tinggal diam di hadapan Tuhan. Kalau kita mau duduk diam di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kepada kita keputusan yang terbaik. Tapi kalau kita mengambil keputusan dengan tergesa-gesa, maka keputusan yang kita ambil bukanlah keputusan yang baik, bahkan tanpa kita sadari akan berakibat fatal dalam hidup kita. Pada saat kita di tuntun dengan kecerdasan dari pada Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kita kreativitas yang pasti berbeda dari pada yang lain, bahkan Tuhan akan memberikan kita tuntunan yang pasti sangat berbeda dari pada yang lain. Kreativitas dan kemampuan yang dari pada Tuhan yang kita butuhkan akhir-akhir ini untuk menghadapi masa-masa yang berat ini.
Ketika krisis ekonomi sedang melanda dunia, banyak dari rakyat Eropa yang menjual rumah untuk pindah ke Amerika untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Tapi mereka melakukan hal ini tanpa bertanya dahulu kepada Tuhan sehingga mereka menjadi bangkrut karena di Amerika mereka tidak mendapat pekerjaan. Diantara sekian banyak rakyat Eropa terdapat seorang pemuda yang juga melakukan hal ini. Pemuda ini tidak bersungut-sungut tapi dia duduk di bawah kaki Tuhan dan terus meminta tuntunan Tuhan untuk masalah yang sedang dia hadapi. Di tengah masalah ini, Tuhan memberikan dia hikmat, kenapa tidak membuat sabun yang dibuat oleh neneknya dahulu ketika berada di Eropa. Pada masa itu sabun di Amerika sangat mahal harganya. Pemuda tersebut lalu membuat sabun yang semula diuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah, tapi tanpa di duga ternyata sabun tersebut menjadi sangat terkenal bahkan menjadi perusahaan yang bukan hanya membayar 10% pajak untuk negara tapi membayar 90% pajak untuk negara. Perusahaan tersebut kemudian melakukan ekspansi ke odol gigi. Dan perusahaan tersebut bernama Coolgate.

2. Kekuatan dan Kesehatan
Manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang. Dari mana kita mendapatkan kekuatan untuk setiap hari? ketika kita mau bersukacita di hadapan Tuhan, tapi kalau kita mempunyai hati yang pahit, kecewa maka tanpa kita sadari penyakit maag, eksim mulail menyerang kita. Tapi kalau kita bersukacita, maka otak memerintahkan tubuh untuk memproduksi endovim yang berfungsi untuk membungkus tulang-tulang kita. Kenapa kaum wanita lebih mudah mengalami tulang keropos? karena dalam keseharian, mereka mudah mengalami melow (mudah terhanyut perasaan). Kalau kita punya hati yang manis di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kita kekuatan dan kesehatan yang luar biasa.

3. Keuangan dan Pekerjaan
Blessing adalah adanya kemuliaan Tuhan yang tercurah untuk kita atau tangan kanan Tuhan yang menuntun kita dimanapun kita berada. Orang yang baik hati akan diberkati, akan diberkati Tuhan.  Orang yang baik hati akan di tuntun Tuhan ketika ingin memberi sehingga berkat tersebut akan turun atas orang-orang miskin yang membutuhkan.

Pada saat Tuhan yang menuntun kita, maka Tuhan akan memberikan kita hikmat dan pengertian, bahkan pengajaran yang diberikan oleh Tuhan akan menghasilkan profit yang bagus untuk kita.


Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter