KOTBAH


Pdt. Andi Panggabean, Terjemahan Alkitab yang Salah

Ibadah 2, 30 September 2012

     Roma 3:23: Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Menurut saudara kalimat ini tepat atau tidak ? Jawaban saya kalimat ini tidak tepat. Nama saya Andi Panggabean, saya mengajar di sekolah Theologia, program S1 – S3. Saya mengajar Homiletika dan Hermeneutika. Hati-hati dalam membaca alkitab bahasa Indonesia karena banyak terjemahannya yang salah. Yohanes 3:5 : Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.”  Perhatikan baik-baik, ini perkataan Yesus. Ayat ini tidak bicara tentang baptisan, melainkan tentang kelahiran. Kalau orang mau masuk surga, harus mengalami 2 kelahiran, yaitu lahir dari air berupa daging dan lahir dari Roh. Waktu kita masih janin, kita tinggal di dalam air ketuban.

     Kalau membaca firman Tuhan harus benar-benar diteliti apa latar belakangnya, dsb. Di dalam Perjanjian Baru, surat Timotius ada perkataan wanita harus berdandan secara layak, pada masa itu artinya tidak berdandan. Ada 13 surat tulisan Paulus, kira-kira 50 % dari Perjanjian Baru. Kalau membaca alkitab kita harus tahu apa keadaan mereka saat itu, secara ekonomi, politik, dsb. Saat ini para wanita boleh berdandan dan boleh memimpin di depan.
    Firman Tuhan selalu tepat. Di dalam terjemahan Perjanjian Baru berbahasa Indonesia, ada hampir 1.000 kesalahan penterjemahan. Artinya tidak sesuai dengan bahasa aslinya. Tahun 2014 tepat 200 tahun umur Lembaga Alkitab Indonesia. Saya diundang sebagai salah satu pembicara dalam Jambore Lembaga Alkitab Indonesia. Saya menyampaikan pentingnya membaca firman Tuhan setiap hari. Dan saya tampilkan beberapa contoh terjemahan Alkitab yang keliru. Mari kita buka contohnya Yehezkiel 34:16 : Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit  akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. Dalam bahasa Inggrisnya : NKJV : "I will seek what was lost and bring back what was driven away, bind up the broken and strengthen what was sick; but I will destroy the fat and the strong, and feed them in judgment."  Perbedaannya, dalam bahasa Inggris dikatakan I will destroy the fat and the strong.
    Romo yang berkhotbah dari tema ini berkata yang bermasalah, yang hilang, yang tersesat, yang luka, yang sakit disayang Tuhan. Tapi yang gemuk dan kuat juga disayang Tuhan. Sebetulnya ini tidak tepat. Dalam bahasa Indonesia dikatakan dilindungi, dalam bahasa Inggris dikatakan destroy, dihancurkan. Dalam Alkitab Indonesia Terjemahan Lama yang dipakai sebelum tahun 70’an dikatakan : yang gemuk dan kuat akan kujauhkan. Dalam bahasa Jawa dikatakan nanging, tapi.. artinya paradoks, berlawanan. Nanging sing lemu lan sing rosa bakal Daksirnakaké. Daksirnakaké dari kata sirna artinya dilenyapkan. Dalam bahasa Sunda : dipeuncitan artinya dipotong, lebih dekat ke destroy. Batak Toba : alai ( tapi ) anggo na mokmok i dohot na gogo i siaphononku do, siaphonon artinya dihabiskan, lebih dekat ke destroy.
    Saya pernah khotbah di kebaktian berbahasa Mandarin, memakai penterjemah. Saya suruh buka ayat ini, Yehezkiel 34: 16. Awalnya ia membaca dengan semangat, tapi suaranya melemah ketika sampai di perkataan yang gemuk dan yang kuat, karena dikatakan dalam bahasa Mandarin : akan dibinasakan. Jadi firman Tuhan tidak pernah salah, yang salah kalimatnya. Artinya yang gemuk dan kuat itu, saudara walaupun kaya dan kuat, pintar, mempunyai jabatan tinggi, punya koneksi, merendahlah di hadapan Tuhan. Katakan pada Tuhan aku tidak ada apa-apanya. Tuhan mau ajarkan kalau kita sombong, akan Tuhan hancurkan.
    Mengapa terjemahan alkitab kita bisa salah ? Karena tidak diambil dari bahasa aslinya, Ibrani dan Yunani. Yang kita ambil adalah terjemahan bahasa Jerman. Jadi banyak terjemahan kita yang sudah dikorup. Kembali lagi ke Roma 3:23: Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Semua orang artinya dari bayi yang baru lahir, berumur 1 detik sampai umur berapa pun, dikatakan telah berbuat dosa. Berbuat dosa bisa bohong, mencuri, dsb. Perbuatan dosa apa yang bisa diperbuat oleh orang yang berumur 1 minggu ? Tidak ada. Dosa artinya melanggar segala sesuatu yang tertulis di hukum Taurat. Jadi kalimat ini tidak tepat terjemahannya. Terjemahan yang tepat seharusnya karena semua orang telah berdosa. Kalau begini, terjemahannya menjadi tepat. Ini terdapat dalam Mazmur 51: 5 : Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan , dalam dosa aku dikandung ibuku. Perhatikan baik-baik, waktu lahir sudah berdosa karena sudah berdosa sejak dalam kandungan. Tapi manusia tidak mau masuk neraka, mau masuk ke dalam surga.
    Kalau kita mau menginjil, yang pertama harus jadi saksi. Bukan nama Yesus yang didahulukan. Bagaimana cara orang ingin diselamatkan dan masuk surga ? Manusia buat amal dan kebaikan. Kalau orang yang bukan di dalam Tuhan ketika meninggal dikatakan semoga masuk surga. Kata semoga artinya tidak pasti. Kita semua perlu jalan yang pasti. Tuhan Yesus tidak mengatakan semoga. Amal, kebaikan dan ibadah tidak dapat menyelamatkanmu. Dalam Matius 7:22 dikatakan : Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat  demi nama-Mu juga? Tetapi Tuhan katakan dalam ayat 23 bahwa Ia tidak mengenal mereka.  Saya tidak mensyukuri orang dalam ayat 22 itu. Tuhan katakan yang melakukan kehendak Bapa, itulah yang berkenan. Sekalipun saya diundang ke Amerika, PK nya besar, tapi Tuhan tidak berkenan, saya tidak akan pergi.
    Roma 3: 27-28 : Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman! Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat. Kita diselamatkan bukan karena perbuatan baik atau melakukan hukum taurat, tetapi karena iman. Ada 10 hukum taurat, diterima oleh Musa, ≥ 3.600 tahun sebelum Masehi. Hukum ke 1-4 mengatur tentang hubungan manusia dengan Tuhan  ( vertikal ). Hukum ke 5-10 mengatur hubungan manusia dengan manusia ( horisontal ). Kalau digabung membentuk tanda salib. Kita harus berdamai dengan Tuhan dan sesama kalau mau hidup kita plus, bertambah-tambah, jadi kepala dan bukan ekor.
    2 loh batu, loh pertama dan ke-2 masing-masing berisi 5 hukum. Di loh Tuhan yang pertama tercantum hukum ke-5. Berarti di hadapan Tuhan, value/nilai orang tua kita sama dengan Tuhan. Hormati orangtuamu supaya lanjut umurmu. Jangan mengabaikan orang tua kita kalau kita mengasihi Tuhan. Jangan taruh mereka di Panti Jompo. Ternyata 10 taurat hanya hukum pembuka. Jumlah seluruh hukum taurat Israel ada 613 hukum taurat yang masih dilakukan sampai sekarang. Kalau saudara rindu pergi ke Israel, pasti Tuhan sediakan rejeki lebih bagi saudara agar dapat pergi ke sana. Atau gunakan tabungan saudara dulu, nanti pulangnya Tuhan ganti. Kalau saudara ke Israel belilah ornamen-ornamen Yahudi seperti sofar, talid ( selendang sembahyang Yahudi ). Khusus bagi orang Yahudi yang membaca hukum Taurat harus menutup kepalanya dengan talid. Menutup kepala artinya menghormati Tuhan. Kalau berjalan mereka juga harus menutup kepalanya. Jadi kalau musim panas mereka menutup kepalanya dengan topi kecil, namanya hipah.
    Contoh isi 613 hukum taurat adalah tidak boleh makan babi, darah, lele, belut, ikan patin, anjing, kelinci, kelelawar, rusa, kucing. Kalau anak laki-laki harus disunat pada hari ke-8. Kalau perempuan sedang haid dilarang beribadah. Tidak mungkin manusia bisa melakukan seluruh hukum Taurat. Karena itu manusia tidak mungkin diselamatkan dengan melakukan hukum Taurat. Di ujung talid ada 613 jumbai sesuai jumlah seluruh hukum Taurat. Kalau orang Israel menggunakannya, artinya mereka memikul beban 613 hukum Taurat. Kita harus bersyukur pada Tuhan karena kita diselamatkan bukan karena kita orang baik tapi semata-mata karena anugrah Tuhan, karena kita percaya kepada Tuhan Yesus.


Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter