KOTBAH


Ciri-ciri Persembahan yang Berkenan Kepada Tuhan

Kedatangan Tuhan Yesus sudah semakin dekat, tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita menjadi takut atau kita semakin merindukan kedatangan Tuhan. Saya mempunyai kerinduan yaitu membuat Tuhan Yesus senang dengan kita semua.

Dalam Kejadian 22:15-18 di sini Abaraham diuji imannya oleh Tuhan, apakah benar-benar percaya kepada Tuhan dan menyerahkan segalanya kepada Tuhan?

Markus 14:3-9 dari firman Tuhan ini, kita dapat belajar 1 hal yaitu perbuatan dari wanita ini akan diingat di manapun dia berada, kenapa? Karena segala pemberian dari wanita ini menyenangkan Tuhan. Dari hal ini, kita dapat belajar bahwa Tuhan Yesus itu sangat mudah untuk disenangkan, karena Tuhan melihat hati.

Ciri-ciri Persembahan yang berkenan kepada Tuhan adalah :

  1. Markus 14:3 Didasari oleh Cinta
    Minyak narwastu biasa dipakai oleh wanita, sedangkan minyak mur biasa dipakai oleh pria. Minyak narwastu itu berarti cinta seorang mempelai wanita kepada mempelai pria. Maria melakukan hal ini, dan dari hal ini dapat kita lihat bahwa cinta Maria kepada Tuhan Yesus sangat besar. Mungkin kita masih dapat mengingat bagaimana ketika kita jatuh cinta kepada pasangan kita untuk pertama kali, kita selalu ingin memberikan yang terbaik.
    Memang cinta itu dapat berubah, anggur dapat berubah menjadi air tawar. Kadang tanpa kita sadari lama kelamaan cinta dapat berubah menjadi kewajiban. Seperti wajib memberi perpuluhan, wajib datang doa pengerja. Contoh : istri saya tahu bahwa saya mencintai dia, saya selalu pulang tepat waktu. Tapi istri saya akan semakin merasa dicintai kalau saya semakin memperlihatkan cinta saya kepadanya. Sama seperti ketika kita punya masalah, apakah kita menyalahkan Tuhan? Atau kita tetap bersyukur kepada Tuhan? Mari kita perhatikan dan kita sadari, sudah berapa dalam kita jatuh dan menjauh daripada Tuhan?
    Bagaimana cara agar kita dapat semakin mempunyai kasih kepada Tuhan? Dengan menyadari bahwa dosa kita semakin banyak, karena seorang pribadi yang semakin banyak diampuni dosanya semakin banyak dia memiliki kasih.
  2. Mahal
    Minyak Narwastu itu mahal harganya. Dari hal ini kita dapat ketahui bahwa Tuhan Yesus suka dengan sesuatu yang mahal. Harta yang paling mahal yang dimiliki oleh Allah Bapa adalah anakNya yang tunggal yaitu Tuhan Yesus Kristus.
    Bagi Maria minyak narwastu adalah barang yang mahal, tapi bagi Tuhan apakah minyak Narwastu ini mahal harganya? Tidak, dari sini kita dapat melihat bahwa Tuhan melihat hati kita.
    Doa pagi pasti terasa berat buat kita semua, tapi apakah kita memberikan dari segala kelemahan kita? Apakah kita datang kepada Tuhan dengan segala hati kita dan memberikannya kepada Tuhan?
  3. Perbuatan baik
    Ketika istri kita sedang hamil dan dia ngidam sayur asem. Tapi kita sebagai suami ingin memberikan yang terbaik kepada istri kita. Jadi kita membelikan puyang hai. Apa reaksi dari istri kita? Pasti muntah, karena tidak sesuai dengan selera dia.
    Ketika ada doa pengerja pagi, yang menjadi wl adalah anak youth dan anak youth ini meminta agar yang dibelakang untuk maju ke depan. Tapi tidak ada yang maju. Ada suatu suara yang berkata dalam hati saya yang berkata you’re fail to serve me. Kenapa? Bukankah firman Tuhan berkata apapun yang kita lakukan untuk saudara kita yang paling hina, kita melakukan untuk Tuhan.
  4. Markus 14:8 kita hanya dapat melakukan apa yang dapat kita lakukan
    Apapun yang kita lakukan, jangan sampai mengorbankan orang lain. Apa yang menjadi hak orang tua harus kita berikan jangan kita tahan. Yang menjadi hak  Tuhan harus kita berikan tapi jangan dari hutang. Ingat, walau kita terbeban untuk memberi kita jangan memberi kepada Tuhan dari hutang kita.
  5. Persembahan yang selalu membuat orang normal gusar
    contoh :
    a. ketika Daud menari-nari di hadapan Tuhan dan dianggap rendah oleh istrinya Mikha.
    b. ketika kita radikal dan gila-gilaan kepada Tuhan, mungkin kita dianggap gila oleh teman kita.

Dari ke-5 ciri diatas contoh yang dapat kita lihat dengan jelas adalah Abraham. Kenapa?

1. Didasari oleh cinta Abaraham kepada Tuhan
2. Mahal karena anak satu-satunya
3. Perbuatan baik, karena itu menyenangkan hati Tuhan
4. Karena hanya ini yang dapat dilakukan oleh Abaraham
5. Karena dengan mempersembahkan Ishak membuat orang sekelilingnya gusar.


Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter