KOTBAH


5 Kunci Untuk Hidup Sukses & Berhasil Untuk Menjadi Berkat Bagi Orang Lain

Pdt Budiyanto Totong
Ibadah Siang 10 Januari 2010
Bacaan Firman Tuhan: Mazmur 32:8, Yohanes 10:10, Galatia 3:29, Kejadian 12:1-3, Yeremia 17:5-8, Matius 25:14-18, Matius 25:19-23, Matius 25:16-17, Amsal 6:6, Amsal 6:9-11, Amsal 12:27, 2 Tesalonika 3:10, Matius 25:24-30, Hagai 2:7-9.

Mazmur 32:8 mengatakan bahwa Tuhan hendak mengajar dan menunjukkan kepada kita jalan yang harus kita tempuh. Gembala sidang kita mengatakan bahwa Tuhan akan memberikan tuntunanNya dalam hidup kita.

Saya saat ini memimpin belasan perusahaan. Saya pernah muda, dan saya hendak mensharingkan pengalaman saya,  agar saudara bisa belajar dari apa yang saya alami. Saya percaya tahun ini akan menjadi tahun pemulihan dan tahun hidup yang berkelimpahan.

Yohanes 10:10 mengatakan bahwa pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan. Kita harus percaya bahwa kita adalah milik Kristus. Galatia 3:29 mengatakan bahwa jikalau kita adalah milik Kristus, maka kita juga adalah keturunan Abraham. Oleh karena itu kita berhak menerima janji Allah. Kejadian 13:1-3 menceritakan mengenai Janji Allah kepada Abraham, yaitu kita akan menjadi bangsa yang besar.

Pagi ini saya mau sharingkan mengenai 5 kunci untuk hidup sukses dan berhasil, untuk menjadi berkat bagi orang lain. Banyak orang yang berhasil, tetapi belum tentu memberkati orang lain. Oleh karena itu saya hendak mensharingkan agar kita bisa sukses dan berhasil serta menjadi berkat bagi orang lain.

1.) Mengutamakan Tuhan di dalam Setiap Perencanaan Hidup Kita.

Yeremia 17:5-6 mengatakan bahwa terkutuklah orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri, tetapi Yeremia 17:7-8 menjelaskan bahwa diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan.Tuhan ingin agar segala hal yang kita lakukan kita bawa kepada Tuhan.Tuhan tidak suka kalau kita mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Ciri-ciri orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri :
1. Melakukan segala hal dengan cara yang tidak halal
2. Tidak bisa bersyukur untuk segala yang Tuhan sudah berikan

Cara membangun hubungan yang intim dengan Tuhan :
a.) Melalui doa, pujian dan penyembahan
b.) Selalu mengucap syukur
c.) Menjaga kekudusan

2.) Mulailah Dengan Apa Yang Kita Punya

Matius 25:14-18 menceritakan perumpamaan mengenai talenta. Dikatakan bahwa talenta tersebut diberikan "masing-masing menurut kesangupannya". Kita harus mulai dengan apa yang ada pada kita, bukan dengan apa yang tidak kita miliki.Tuhan menciptakan kita dengan memberikan talenta,bukan dengan sesuatu yang kosong.Oleh sebab itu, kembangkanlah segala talenta yang Tuhan berikan kepada kita.

Saya ingin bersaksi saya adalah orang yang bergerak di bidang business. Saya sekarang mempunyai bisnis di mana pegawai kami sekitar 4-5ribu. Saya bukanlah orang yang mempunyai background pendidikan tinggi, bahkan saya bukanlah seorang lulusan SMA. Dulu saya punya cita-cita menjadi dokter, tapi karena background keluarga saya bukanlah keluarga yang kaya raya, maka saya mengurungkan niat saya menjadi dokter. Dulu saya mulai dengan menjadi seorang penjaga toko cat yang dimiliki oleh kakak saya, tapi karena saya setia dan mau berusaha Tuhan memberkati saya.

3.) Setia pada Perkara Kecil

Matius 25:19-23 mengajarkan agar kita harus setia pada perkara kecil, maka kita akan diberikan perkara yang lebih besar. Tuhan tidak akan memberikan kepercayaan lebih kepada orang yang tidak setia kepada perkara kecil.Ingat!! Tuhan melihat hati kita, bahkan apapun yang kita sedang pikirkan Tuhan tahu.Ketika kita mencoba belajar untuk mencuri, hati kita pasti dag dig dug, ini berarti Tuhan masih sayang kepada kita dengan cara memberi sinyal agar kita bertobat. Tapi kalau hal ini tidak kita perhatikan, maka lama kelamaan Roh Kudus akan meninggalkan kita. Kita harus terus bisa mengintrospeksi diri kita, apakah hati kita terus dekat dengan Tuhan?

Manusia selalu jatuh dalam 3 TA yaitu :
- Tahta
Banyak orang yang berpikir kalau dia mempunyai tahta atau kekuasaan, maka dia bisa membeli segala hal. Ingat!! kita jangan berpikir kalau kita mempunyai segala hal ini, maka kita dapat melakukan segala hal.
- Harta
Tuhan kembali mengingatkan soal perpuluhan. Ingat!! janji Tuhan bahwa kekayaan orang fasik akan berpindah kepada orang benar. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita sudah memberikan perpuluhan kita? Tuhan tidak mempersoalkan soal uang yang kita berikan, tapi Tuhan melihat hati kita.
- Cinta

Kita harus menerapkan TAAT  kepada Tuhan, yaitu :

T uhan berfirman
A ku percaya dan melakukan
A ku melakukan yang aku bisa
T uhan melakukan yang aku tidak bisa

4.) Tidak Menunda-nunda Waktu Agar Keberhasilan Juga Tidak Tertunda (RAJIN) Matius 25:16-17
Tuhan ingin agar kita belajar dari semut, di mana semut terus bekerja tanpa kenal lelah Ams 6:6
Tuhan tidak ingin kita seperti orang malas yang tidak mau bekerja Ams 6:9-11.
Kita harus bisa mengatur waktu yang diberikan kepada kita oleh Tuhan.

 5.) Multiply (Melipat gandakan talenta yang Tuhan berikan)
Matius 25:24-30 kita harus mengusahakan dan melipatgandakan talenta-talenta yang Tuhan sudah berikan kepada kita. Setiap orang yang tidak mau berusaha, hidupnya menjadi tidak berguna, dan kalau hidup kita menjadi tidak berguna, maka Tuhan akan melemparkan kita yang tidak mau berusaha ke dalam ratapan dan kertak gigi.
Tuhan memilih dan memanggil kita, ini adalah sesuatu yang luarbiasa, tapi jangan lupa Tuhan punya rencana yang luar biasa dalam hidup kita. Tuhan ingin agar kita melakukan setiap tugas dan kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Tuhan untuk kita.
Ketika Tuhan memberkati kita, kita harus tahu bahwa setiap berkat yang Tuhan berikan kepada kita bukan untuk kita habiskan untuk diri kita sendiri,tapi harus kita bagikan kepada keluarga,saudara kita bahkan untuk gereja tempat kita bertumbuh.


Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter