RENUNGAN


DISIPLIN ROHANI


SUPPLEMEN COOL - Minggu #4 Agustus

I Yohanes 2:1-6

Standar hidup dan kekudusan orang Kristen adalah “kita wajib hidup sama seperti KRISTUS”.  Standar hidup kita bukanlah moral dunia, peraturan dunia, melainkan apa dan bagaimana YESUS KRISTUS telah hidup dan meneladaninya bagi kita.  Walau standar hidup ini nampaknya terlalu tinggi dan mustahil untuk dapat kita jalani dan penuhi, tetapi Firman TUHAN berkata “bagi orang percaya tidak ada yang mustahil” (Markus 9:23).  Hal yang kelihatan mustahil bagi dunia menjadi tidak mustahil bagi orang percaya oleh karena kita tidak bersandar kepada kekuatan kita sendiri, melainkan kepada kekuatan KRISTUS.  Inilah mengapa untuk hidup sama seperti KRISTUS bukanlah hal yang mustahil untuk dilaksanakan.

Kunci untuk dapat hidup sebagaimana KRISTUS adalah kita harus memiliki kedisiplinan rohani.  Teladan yang TUHAN YESUS tunjukkan, salah satunya adalah bahwa Ia memiliki disiplin rohani yang tinggi.  YESUS menunjukkan bahwa Ia commitment dengan apa yang menjadi tugasNya di bumi, Ia commitment dengan kata-kata dan janji-janjiNya, dan Ia commitment dalam segala aspek hidupnya.  Itu semua adalah tanda bahwa YESUS memiliki disiplin rohani yang tinggi.

Apa saja yang dimaksud dengan disiplin rohani ?

1. Hidup disiplin adalah hidup yang selalu siap berkorban (Ibrani 12:1-2)

Kedisiplinan selalu dimulai dengan pengorbanan.  Disiplin artinya mengesampingkan keinginan pribadi dan mendahulukan apa yang diinginkan oleh TUHAN.  Ini bukan berarti bahwa dengan berdisiplin kita memiliki hidup yang menderita; sama sekali tidak demikian.  Hidup disiplin justru akan membawa kita ke dalam standar kebahagiaan dan kesukesan ALLAH.  Pengorbanan yang kita berikan adalah pengorbanan yang memang menurut kehendak ALLAH untuk mendatangkan kemuliaan bagi namaNya dan menjadi kesaksian bagi orang-orang lain, bukan untuk membuat kita menderita/merana.

2. Orang yang disiplin mempunyai tujuan hidup yang jelas (Kisah 20:22-24)

Dalam nats ini kita dapati bahwa Paulus pun memiliki disiplin rohani yang tinggi, yaitu ketaatan terhadap tuntunan ROH KUDUS.  Disiplin untuk selalu mencari kehendak TUHAN-lah yang membuat orang-orang percaya mampu untuk menyelesaikan perjuangan/perjalanan hidup sampai garis akhir. 

3. Orang yang disiplin mempunyai penguasaan diri yang baik (Roma 12:3)

Orang yang disiplin rohani akan mengerti posisinya dalam TUHAN, posisinya di tengah dunia dan karenanya tidak akan mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang tidak menentu yang terjadi disekeliling mereka.  Orang-orang yang memiliki disiplin rohani memahami bahwa keseluruhan hidup mereka adalah untuk memahami dan melakukan apa yang TUHAN kehendaki dalam hidup mereka.  Mereka memahami dimana letak kekuatan dan kekurangan mereka dan karenanya dapat bekerja sesuai dengan talenta yang diberi oleh TUHAN.  Orang yang memiliki disiplin rohani mengucap syukur atas segala berkat yang TUHAN berikan dan atas segala hal yang TUHAN izinkan terjadi dalam hidupnya.

Peneguhan

Disiplin rohani memerlukan perjuangan dan commitment.  Disiplin rohani menuntut ketekunan, kesetiaan dan kesiapan hati untuk rela berkorban, karena tidak ada keberhasilan hidup tanda disiplin hidup.  Tidak ada hidup seperti KRISTUS hidup tanpa disiplin rohani.  Orang yang hidup disiplin rohani akan mendapatkan anugrah dan kelimpahan yang datang dari TUHAN. Amin.

Sumber: http://www.hmministry.com/2010/08/687/SUPPLEMEN_COOL___Agustus__4.GBI


Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter