SERBA-SERBI


Ibadah Natal Sekolah Minggu & JC: The Greatest Love of God


Tanjung Duren 20 Desember 2008. Sekolah Minggu dan Junior Community GBI Tanjung Duren mengadakan perayaan Natal bersama dengan tema "The Greatest Love of God". Dalam perayaan Natal kali ini, seluruh kelas dari Sekolah Minggu dan Junior Community beserta guru-gurunya diikutsertakan dalam perlombaan berupa kreatifitas menari, menyanyi dan drama. Sembilan kelas menampilkan kreatifitas mereka masing-masing di hadapan seluruh orang tua dan para juri.

Sejak pukul 14.00 WIB anak-anak Sekolah Minggu sudah banyak yang berkumpul untuk mengadakan beberapa persiapan sebelum mereka tampil dalam lomba. Beberapa pasang orang tua juga sudah tampak hadir untuk mendampingi putera-puteri mereka. Ketika menjelang pukul 16.00 WIB, mulai mengalun musik instrumen Natal, para orangtua dan anak-anak Sekolah Minggu mulai mengambil tempat duduk masing-masing dan diarahkan dengan ramah oleh beberapa guru Sekolah Minggu. 

Tampil sebagai Worship Leader kali ini adalah Rocky yang setelah para pemusik siap langsung mengajak seluruh yang hadir untuk bangkit berdiri dan mulai menyalami orang-orang di sekitar. Puji-pujian Natalpun mulai dinyanyikan bersama, berturut-turut lagu Dari Pulau dan Benua, Hari Ini Yang Telah Dijadikan Tuhan dan kemudian lagu Selidiki Aku. Suasana meriah dan sukacita memenuhi ruangan ibadah. Firman Tuhan dibawakan oleh Kak Lisa dari Departemen Anak Pusat. Beliau dengan sangat fasih dapat menguasai audiens yang sebagian besar adalah anak-anak yang agak sulit diajak untuk duduk tenang mendengarkan Firman. Firman Tuhan yang disampaikan dalam bentuk multimedia dan disampaikan dengan cara yang sangat menarik untuk perhatian anak-anak memang terlihat mampu menangkap perhatian mereka selama kurang lebih 45 menit. Kak Lisa menutup pemberitaan Firman Tuhan dengan sebuah klip dari film The Passion of The Christ tentang The Greatest Love of God, Bapa memberikan Tuhan Yesus, Anak-Nya kepada kita dan menderita bahkan mati gantikan kita.

Setelah Firman disampaikan, maka Bapak Lim Tjing Joeng yang juga akrab dipanggil Kak Ayung atau Ko Ayung maju dan menutup dengan doa. Duet MC kemudian naik ke panggung dan menyalami seluruh hadirin yang disambut dengan tepuk tangan meriah. Ibu Etty dan Jennifer dengan ramah menyapa seluruh hadirin dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin atas kehadiran mereka dan juga kepada Bapak Gembala, Pdm Agustinus dan Ibu Meiko beserta seluruh pengerja GBI Tanjung Duren yang hadir. Mereka juga kemudian menjelaskan tujuan acara Natal dan perlombaan kreatifitas antar kelas Sekolah Minggu dan Junior Community. Setelah menyampaikan penjelasan tersebut kemudian MC memanggil Bapak Gembala untuk naik ke atas panggung untuk memberikan kata sambutan. 





Setelah kata sambutan, para juri dipanggil untuk menempati tempat mereka yang telah disediakan di bagian depan. Tampil sebagai juri adalah Kak Meri dan Kak Nicoline dari Dewasa Muda dan Kak Sonya dari Abba Love yang dulu juga pernah menjadi guru Sekolah Minggu di GBI Tanjung Duren. Setelah para juri diperkenalkan, maka dimulailah acara perlombaan yang dimulai dari kelas Batita dan Balita Pagi asuhan Kak Hana dengan performance berupa tarian dengan lagu Joy to the World. Anak-anak Batita dan Balita tampil dengan kostum-kostum yang lucu tampak menggemaskan walaupun gerak-gerak mereka tampak tidak beraturan. 





Tampil di urutan kedua adalah anak-anak dari kelas Pratama Pagi asuhan Kak Betty dengan performance drama Ayub yang dibawakan dengan cukup baik. Walaupun dialog drama cukup berat untuk ukuran anak-anak Sekolah Minggu, namun tetap dengan serius mereka bawakan dan menjadi nilai plus bagi penampilan mereka. Berikutnya yang tampil adalah dari kelas Batita Siang asuhan Kak Devita yang juga lucu-lucu dan menggemaskan. Lagu yang dipilih adalah Rocking Around the Christmas Tree. Anak-anak Balita Siang asuhan Kak Acu tampil pada urutan berikutnya dengan tarian yang diiringi dengan lagu Malam Kudus. Tarian dan kostum yang serasi ditampilkan dengan baik sebanding dengan latihan keras mereka di bawah arahan Kak Acu.





Sebuah drama kembali dipentaskan sesudahnya. Kali ini dari anak-anak Pratama 1 Siang asuhan Kak Grace yang berjudul Persembahan Anak Yatim Piatu. Drama kali ini juga ditampilkan dengan baik dengan kostum-kostum yang cukup unik, termasuk dengan peran Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya. Setelah itu paduan suara dari kelas Pratama 2 Siang asuhan Kak Etty tampil dengan lagu Jingle Bells yang dilatih oleh Kak Christin dari Dewasa Muda. Kelas Madya asuhan Kak Shanti kemudian tampil dengan tarian Santa Claus diiringi dengan lagu Santa Claus is Coming to Town dan Jingle Bell Rock. Namun terjadi kendala teknis pada sound system sehingga penampilan mereka harus dipending sampai masalah teknis diselesaikan. Kelas Tunas Remaja asuhan Kak Angel tampil dengan tarian Malaikat diiringi dengan lagu Who Am I. Para penari mengenakan kostum putih-putih dengan sayap malaikat menari dengan indahnya. Setelah mereka tampil, maka kelas Madya asuhan Kak Shanti kembali tampil setelah masalah teknis pada sound system berhasil dibereskan. Kelas JC tampil pada urutan terakhir dengan modern dance diiringi lagu When the Spirit of the Lord dengan elegan. Tampil dengan sangat kompak, kelas JC seolah-olah mengajak seluruh hadirin untuk menari bersama. 





Setelah seluruh penampilan tersebut, maka giliran para juri mengambil waktu untuk melakukan penilaian akhir untuk menentukan 5 pemenang. Sambil menunggu penilaian juri, maka para hadirin diajak untuk menyaksikan sebuah klip tentang perjuangan seorang Bapak yang mengasihi anaknya yang cacat yang juga merupakan gambaran kasih Bapa yang begitu besar kepada kita. Kisah tentang Dick dan Rick Hoyt yang mengikuti perlombaan Triathlon memang sangat menyentuh dan sejenak mengajak semua yang hadir merenungkan kasih Tuhan yang besar. 

Setelah pemutaran klip singkat tadi, maka tiba giliran pengumuman pemenang. Keluar sebagai Juara Harapan II adalah kelas Balita Siang asuhan Kak Acu, Juara Harapan I adalah kelas Tunas Remaja asuhan Kak Angel, Juara III adalah kelas Pratama I Siang asuhan Kak Grace, Juara II adalah kelas Pratama Pagi asuhan Kak Betty dan Juara I adalah kelas JC asuhan Muti. Hadiah secara simbolik diserahkan oleh Bapak Ayung, Bapak Gustav, Ibu Meiko, dan Bapak Agustinus. Setelah penyerahan hadiah, Pak Agustinus berdoa memberkati semua yang hadir sekaligus mengakhiri rangkaian acara perayaan Natal Sekolah Minggu dan Junior Community GBI Tanjung Duren tahun 2008. Selamat hari Natal! (EW)



Ikuti GBITanjungDuren.com di Twitter



Yang lain di Serba-Serbi: